Penyakit Kesepian Itu Menular


Bukan penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus saja yang bisa menular. Penyakit jiwa/perasaan juga bisa menular. Menurut penelitian, rasa kesepian bisa menular.

Penelitian ini dilakukan di Universitas Chicago, Amerika Serikat. "Rasa sedih karena kesepian bisa menyebar layaknya virus flu", begitu kata Foxnews, yang saya kutip dari detikhot (3/12/2009).

Lebih jelasnya, begini keterangan selanjutnya dari sumber yang sama. Rasa kesepian yang dialami seseorang akan mendorongnya untuk menarik diri dari lingkungan sosialnya. AKhirnya orang itu akan mengisolasikan dirinya sendiri.

yang berbahaya, rasa sedih akibat kesepian itu bisa dirasakan orang lain. Orang-orang yang berada di sekitarnya juga akan ikut merasa kesepian dan sendirian. Orang-orang yang merasa kesepian akan sulit percaya dengan orang lain. Hal itu akan membuatnya semakin sulit bersosialisasi.

Rasa simpati terhadap seseorang yang kesepian adalah penyebab orang lain ikut merasa kesepian. Biasanya, perempuan lebih mudah 'terinfeksi' karena perasaannya mereka yang lebih sensitif.

Rasa kesepian dan sedih berlebihan itu masuk dalam kategori gangguan mental. Gangguan itu akan berpengaruh buruk pada kesehatan bahkan bisa berakibat pada kematian.

Sejak tahun 1948 terbukti, rasa sedih akibat kesepian dapat mengakibatkan gangguan jantung. Dan jumlah penderita penyakit jantung akibat kesepian telah mencapai angka 5.000 lebih.

Jika sahabat atau teman Anda mulai merasa kesepian, para peneliti menganjurkan untuk segera membantu orang tersebut. Karena jika rasa kesepiannya semakin berlebihan, bukannya tak mungkin Anda juga ikut terpengaruh.

Wah, berhati-hatilah saat kesepian atau bersama orang kesepian. Sebaliknya, kewajiban teman membantu temannya biar tidak kesepian itu ibadah. Kecuali kesepian digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah, jati tidak lagi jadi kesepian.

Baca Juga Tulisan Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Klik Juga Ini