Mengerti dan Mengelola Hati

Firman Allah dalam Hadist Qudsi: langit dan bumi tidak mampu meliputi-Ku, tetapi kelembutan hati hamba-Ku yang beriman mampu melingkupi-Ku

Menurut Al-Ghazali dalam ihya Ulumudin, hati adalah nafs yang di dalamnya terhimpun dalam berbagai jenis. Ada yang disebut nafs Muthmainnah artinya diri atau jiwa tenang, misalnya jiwa yang suka berzikir, serius tapi santai, memiliki jiwa yang lapang, sabar, penuh kasih, pemaaf, dll. Namun ada yang disebut nafs Lawamah artinya jiwa yang mencela, misalnya cemberut, jutek, banyak mengeluh, menghina orang lain dll, dan yang paling buruk adalah nafs Ammarah Bissuu’l artinya jiwa yang selalu menurut kepada yang jahat, misalnya dengki, suka merusak, memfitnah dll.

Semua manusia memiliki ketiga nafs di atas, akan tetapi bagaimana kita memenej nafs kita agar nafs Lawamah dan nafs Ammarah dapat dikelola dengan baik dan berusaha meminimalkannya. Kondisi hati akan membuat kita cenderung pada kejahatan atau kebaikan. Bila hati dalam keadaan sadar (awakened) dan bersih (purifed) maka kapasitas terhadap kebaikan akan terbuka lebar. Hal ini akan melahirkan sifat-sifat ketinggian kemanusiaan.

Sifat amarah yang tidak terkendali akan menjadi tidak rasional dan membabi buta dan sangat merugikan. Setiap manusia memiliki amarah, tetapi yang perlu diperhatikan adalah marah yang terkendali (kadar yang sesuai) dan kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat demi tujuan yang benar serta dengan cara yang baik.

Tidak mudah untuk mengelola dengan baik nafs Lawamah dan nafs ammarah. Maka untuk membuat hati dalam keadaan sadar dan baik, diperlukan salah satunya dengan menjaga 3K yaitu, menjaga Kualitas, Kuantitas, dan Kontinuitas ibadah. Dengan menjaga 3K, nafs Lawamah dan nafs Ammarah dapat diminimalkan dan dikelola dengan baik, maka akan menghasilkan manusia yang berhubungan baik dengan sesamanya, lingkungannya dan dengan Rabbnya. Alangkah indahnya hidup ini, jika diwarnai dengan persaudaraan dan persahabatan serta senyuman yang terlontar antar sesama…J J J




Baca Juga Tulisan Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Klik Juga Ini