Cuci Piring Bersama, Menambah Keharmonisan Rumah Tangga

Cuci Piring Bersama, Menambah Keharmonisan Rumah Tangga - Cukup sederhana memang, tapi inilah hasil sebuah penelitian di Kanada. Pekerjaan rumah tangga selama ini cenderung lebih banyak dilakukan oleh perempuan. Padahal sebuah studi mengatakan bahwa dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga bersama-sama dapat menjaga keharmonisan rumah tangga.

Sebuah studi dilakukan di Universitas Western Ontario, Kanada berdasarkan data yang diambil dari survey pada tahun 1986, 1992, 1998 dan 2005. Para responden dalam penelitian ini adalah pasangan yang aktif bekerja, baik suami atau istrinya saja ataupun keduanya.

Dilansir oleh science daily, Kamis (14/1/2010) hasil studi menyebutkan bahwa suami-istri yang lebih sering berbagi dalam melakukan pekerjaan rumah bersama memiliki tingkat keharmonisan yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Namun jumlah pasangan yang melakukan hal tersebut saat ini masih cukup sedikit, yakni sekitar 25 persen dari keseluruhan responden.

Nilai positif lainnya yang dapat diambil dengan berbagi untuk mengerjakan pekerjaan dalam rumah tangga adalah mengurangi resiko perpisahan, perceraian hingga kekerasan dalam rumah tangga. Berbagi pekerjaan dalam rumah tangga tentunya dapat menekan biaya pengeluaran rumah tangga dengan tidak mempekerjakan pembantu rumah tangga.

Dari hasil studi tersebut, para ilmuwan (peneliti) menyarankan agar pasangan suami-istri agar lebih sering berbagi dalam mengerjakan urusan rumah tangga. Salah satu pekerjaan rumah tangga yang dapat dilakukan bersama ialah membersihkan rumah bersama.(detik/Susi Kimia)

Baca Juga Tulisan Lainnya



4 komentar:

Amak mengatakan...

bagus juga artikel artikel nya.. salam kenal slalu..

Faisol mengatakan...

Benar itu,,,,lam kenal...

Pesona Danau Ranau mengatakan...

Blogwalking

Anonim mengatakan...

HAL ITU JELASLAH BAGUS SEBAB RASULULLAH JUGA MENCONTOHKAN HAL SEPERTI ITU.MISALNYA BELIAU JUGA MENJAHIT SENDIRI KAINNYA YANG SOBEK.

Posting Komentar

Klik Juga Ini