Hati-hati Diet Berlebihan Tapi Hasilnya Hanya Mitos

Susi Kimia - Beberapa orang mungkin telah melakukan banyak hal untuk diet, tapi sayang apa yang diupayakan tidak ada hasil kecuali mitos. Sebagaimana diungkapkan oleh Profesor Chris Hawkey, presiden dari British Society of Gastroenterology (BSG) saat menyoroti lebih dari selusin selusin program diet termasuk diet mengonsumsi makanan mentah yang menganggap memasak membuat makanan kurang bergizi. Selain itu ada juga diet buah jeruk yang didasarkan pada ide bahwa enzim dalam buah tersebut bisa membantu memecah lemak, serta diet alkali yang berusaha mempertahankan sedikit sifat alkali darah dengan hanya mengonsumsi beberapa makanan tertentu.

"Diet makanan-makanan ini telah diselimuti oleh mitos dan dongeng-dongeng sejak zaman dulu kala," ujar Profesor Hawkey dalam acara konferensi Gastro 2009, seperti dikutip detik healt dari Telegraph, Senin (23/11/2009).

Profesor Hawkey menyampaikan hal yang penting untuk diketahui adalah meskipun model diet seperti ini populer tapi cara ini sangat tidak efektif untuk melawan kegemukan (obesitas) ataupun mengurangi berat badan. Diet buah jeruk seperti yang pernah dilakukan penyanyi top Kylie Minouge hanya kemungkinan kecil memiliki enzim yang dapat memecah lemak dalam usus sebelum menjadi lemak dalam tubuh.

Selain itu efek buruk dari diet seperti ini adalah mengurangi kegiatan mengunyah. Padahal pada abad 19 lalu manusia dianjurkan untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali agar bisa membantu proses pencernaannya. Karena enzim yang terdapat dalam air liur juga turut membantu pencernaan suatu makanan.

"Diet Atkins konvensional yang mengharuskan orang menghindari protein dan karbohidrat juga tidak akan membuat orang menjadi sehat. Karena memungkinkan orang untuk memiliki banyak lemak dalam tubuhnya akan semakin besar," ungkap Hawkey.

Untuk itu pintar-pintarlah dalam memilih program diet, jangan langsung percaya dengan mitos meskipun program tersebut sangat populer. Karena sebagian besar tidak dilengkapi dengan bukti ilmiah dan akan memberikan hasil yang tidak maksimal bagi orang tersebut.

Baca Juga Tulisan Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

Klik Juga Ini